Pages

Januari 25, 2011

BONA PAPATUNGAN "ANDAI AKU JADI GAYUS"

Kapanlagi.com - Nama Bona Paputungan tiba-tiba melejit. Sejak menciptakan lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan, mantan narapidana kelahiran 16 Maret 1978 ini langsung dikenal seantero negeri karena karyanya tentang sang koruptor yang kiprahnya merugikan negara miliaran rupiah itu.
Bona yang dihubungi wartawan mengaku cukup butuh waktu kurang dari satu hari saja menciptakan lagu itu. "Saya menulis lagunya 11 September (2010). Lagu Gayus nggak ada sehari, (waktu itu) saya mau bebas 7 Oktober dari LP Gorontalo. Pas keluar, tidak lama kemudian saya lihat berita Gayus ke Bali. Reff-nya saya ganti," tutur Bona.
Uniknya, saat mendekam di penjara, Bona sempat menghasilkan 10 lagu yang sudah berbentuk album. Lagu Andai Aku Gayus Tambunan pun mengambil lokasi syuting ketika Bona masih di penjara. "Rekaman di luar diwakili KA Lapas. KA Lapas yang mengawal saya ke studio rekaman," katanya.
Sebenarnya, lagu milik Bona sudah mau dirilis pada bulan puasa lalu. Sayangnya, karena keterbatasan biaya, ia terpaksa baru merilisnya pada 23 Januari 2011. Awalnya lagu itu hanya bercerita tentang kisah hidupnya, namun setelah melihat aksi Gayus menentang hukum, ia pun mengubah lagunya. "Saya buat lagu Gayus itu saya ganti reff-nya. Target saya rekam, masukkan laptop, lepas secara indie," ucapnya.
Lalu, apakah benar Bona berniat untuk mengkritik sang koruptor habis-habisan lewat karyanya? "Cuma berandai saja, karena waktu kita di penjara tidak seperti itu kan (ke Bali). Pagi kerja, sholat, ketrampilan. Di dalam mau makan apa aja tinggal bilang sama teman, tapi setelah ada kita susah makan karena beban pikiran. Badan saya kurus, saya masuk 84 kilo, keluar 68 kilo. Karena pikiran, saya nggak bisa makan," jelasnya via telepon, Selasa (18/1) malam.
Hingga saat ini, lagu Bona sudah dilihat ratusan ribu kali di Youtube. Kebanyakan para user memberikan respon positif atas karyanya yang menyinggung mafia pajak tersebut. Bona yang sempat masuk penjara lantaran kasus KDRT terhadap istrinya kini mengaku insyaf dan berjanji akan menyayangi ketiga istri dan anak-anaknya. (kpl/adt/boo)

0 komentar:

Posting Komentar